5 Padang Gurun Terluas di Dunia

Kurang lebih sepertiga wilayah bumi adalah berbentuk padang gurun. Sedangkan gurun sendiri ada yang berupa gurun pasir, gurun es dan gurun dengan sedikit tumbuhan rumput khas. Gurun dianggap memiliki kemampuan kecil untuk mendukung kehidupan. Walaupun jika diamati secara seksama, gurun sering kali memiliki kehidupan yang biasanya tersembunyi. Berikut adalah 5 padang gurun terluas di dunia:

1. Gurun Antarktika (Luas 13.829.430 km2)

Antartika adalah tempat terdingin di Bumi dengan suhu mencapai -85 dan -90 derajat Celsius di musim dingin dan 30 derajat lebih tinggi di musim panas. Bagian tengahnya dingin dan kering serta hanya mengalami sedikit curah hujan. Turunnya salju juga terjadi di bagian pesisir, dengan catatan tertinggi 48 inchi dalam 48 jam. Hampir seluruh benua ini diselimuti es setebal rata-rata 2,5 kilometer. Tergantung pada lintangnya serta waktu malam atau siang yang konstan, membuat iklim yang biasa dialami manusia tidak terdapat di benua ini. Hewan yang umum dijumpai di wilayah ini adalah pinguin. Pinguin adalah jenis burung yang tidak bisa terbang, namun pinguin merupakan penyelam yang ulung.


Hewan lainnya adalah singa laut, anjing laut dan ikan paus. Diperkirakan terdapat sekitar 1.000 orang tinggal di Antarktika dalam satu waktu namun bergantung juga terhadap musim. Orang yang tinggal di Antarktika biasanya menggunakan zona waktu negara asalnya. Walau tidak ada pemukim tetap, 29 negara yang menandatangani Traktat Antarktika memiliki stasiun riset yang umumnya selalu digunakan sepanjang tahun.

2. Gurun Sahara (Luas 9.000.000 km2)

Gurun Sahara adalah nama sebuah padang pasir terbesar di dunia. Nama “Sahara” diambil dari bahasa Arab yang berarti “padang pasir”. Sahara terletak di utara Afrika dan berusia 2,5 juta tahun. Gurun padang pasir ini membentang dari Samudra Atlantik ke Laut Merah. Dari Laut Tengah di utara sampai ke Sahel di sebelah selatan. Dari Mauritania di sebelah barat ke Mesir di sebelah timur. Padang pasir ini membagi benua Afrika menjadi Afrika Utara dan Afrika “yang sejatinya” yakni gurun. Kedua bagian benua ini sangat berbeda, baik secara iklim maupun budaya. Luas padang pasir ini sekitar 9.000.000 km2.


3. Gurun Arktik (Luas 2.600.000 km2)

Arktik adalah sebuah wilayah di sekitar Kutub Utara Bumi. Arktik termasuk bagian dari Rusia, Alaska, Kanada, Greenland, Islandia, Lapland, dan Norwegia (termasuk Svalbard), dan juga Samudra Arktik. Ada banyak definisi wilayah Arktik. Batasannya biasanya adalah di utara lingkaran arktik (66° 33’U), yang merupakan batas dari matahari tengah malam dan malam polar. Definisi lainnya berdasarkan iklim dan ekologi, seperti 10 °C (50 °F) isoterma (isotherm) Juli, yang juga berhubungan dengan treeline di sebagian besar Arktik. Secara sosial dan politik, Wilayah Arktik termasuk wilayah utara dari delapan negara Arktik, meskipun dalam ilmu alam definisi dari wilayan ini dianggap sebagai wilayah subarktik. Arktik merupakan samudra yang luas dan tertutup oleh es, dikelilingi oleh sedikit pohon, tanah beku, juga terdapat organisme yang hidup di es, ikan dan mamalia laut, burung dan beberapa komunitas manusia.


4. Gurun Arab (Luas 2.330.000 km2)

Gurun Arab merupakan padang pasir yang luas membentang dari Yaman ke Teluk Persia dan Oman ke Yordania dan Irak. Gurun ini menempati sebagian besar Semenanjung Arab dengan luas 2.330.000 kiliometers persegi atau (900.000 mil persegi). Pusat dari gurun ini adalah-Rub’al Khali, juga salah satu gurun pasir terbesar di dunia. Rusa, kijang, kucing pasir, dan kadal ekor berduri merupakan beberapa spesies gurun yang beradaptasi dan bertahan hidup dalam lingkungan yang ekstrim. Iklimnya sangat kering, dan suhu berosilasi antara panas yang ekstrim dan membeku diwaktu malam. Terdapat sedikit keanekaragaman hayati, meskipun beberapa tanaman endemik tumbuh di sini. Banyak spesies sebenarnyaa, seperti hyena bergaris, serigala dan musang madu telah punah di daerah ini karena perburuan, perambahan manusia dan perusakan habitat. Spesies lain telah berhasil diperkenalkan kembali, seperti kijang pasir yang dilindungi di sejumlah wilayah. Penggembalaan ternak dan kegiatan off-road, adalah ancaman utama kehancuran habitat untuk keanekaragaman di padang pasir ini.


5. Gurun Gobi (Luas 1.295.000 km2)

Gobi adalah sebuah kawasan gurun yang sangat besar di Republik Rakyat Cina dan bagian selatan Mongolia. Cekungan padang pasir Gobi dibatasi oleh Pegunungan Altai serta padang rumput Mongolia di sebelah utara, oleh dataran tinggi Tibet di sebelah barat daya, dan oleh dataran Cina utara di sebelah tenggara. Dalam Bahasa Mongolia, kata Gobi berarti “sangat besar dan kering”. Gobi terdiri dari beberapa kawasan geografis serta ekologis yang unik, didasarkan pada perbedaan iklim dan topografi. Gurun ini merupakan yang terbesar di Asia. Gobi tercatat dalam sejarah sebagai bagian dari Kekaisaran Mongol, dan merupakan lokasi dari beberapa kota penting sepanjang Jalur Sutra.

 

4 comments

Pemeliharaan Anak ayam Broiler September 8, 2015 at 1:47 PM

info tentang gurun nya
keren gan
terus update yang lain nya
terimakasih

Cara Mencari Cacing Sutra Untuk Anakan Gurame August 11, 2016 at 10:33 AM

info nya selalu menarik dan bagus
terrus update info yang lain nya gan

Kelebihan Starbio Plus Untuk Mengatasi Masalah Wc Mampet August 23, 2016 at 10:30 AM

bagus sekali gan info ny
saya senang berkunjung ke blog anda

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Postingers, dengan menggunakan opsi Name/URL jika menginginkan backlink dari blog ini.