Miniatur Kereta Api Terbesar di Dunia



Berawal dari keisengan dua sahabat membuat miniatur kereta api siapa sangka kalau kemudian miniatur mereka menjadi miniatur kereta api terbesar di dunia. Jika sebelumnya para penggemar miniatur hanya membangun sebesar meja billiard maka dua sahabat ini membangun seruangan penuh, tak tanggung-tanggung, ada 8 mil jalur kereta, lebih dari 900 kereta, 5000 miniatur mobil dan kendaraan lain, dan bahkan reproduksi stasiun Hamburg dan kota-kota besar dunia lainnya. Uniknya wisatawan bisa menjelajah ke beberapa bagian trek yang tingginya dua lantai ini.

Miniatur kereta api Wunderland, Hamburg, menawarkan trek dengan panjang lebih dari 39.000 kaki (11,9 km), di mana 890 kereta api mini berjalan di area seluas seperempat hektar ini.

Selain itu, kereta api model ini dihiasi dengan berbagai miniatur landskap terkenal dunia, seperti Grand Canyon, Yosemite Park dan Las Vegas yang dilengkapi 30.000 lampu dibuat secara detail.

Dalam dunia fantasi ini, satu hari berlangsung selama 15 menit, yang dikendalikan sepenuhnya oleh komputer. Dalam miniatur ini terdapat 300.000 lampu, 215.000 pohon, 3.000 bangunan dan 200.000 patung manusia.

Para ahli membutuhkan waktu selama 500.000 jam dalam pembangunan model ini, tetapi baru setengahnya yang rampung, dan diharapkan akan selesai tahun 2020 depan.

Disinilah pusat komando Miniatur Wunderland, layaknya pengawas lalu lintas betulan, semua gerak-gerik miniatur diawasi. Kita tentu tidak ingin ada miniatur truk yang nyelonong ketika kereta lewat kan?

Miniatur Wunderland memang dibatasi oleh ruangan berdinding namun yang tidak diketahu pengunjung adalah dibalik dinding tersebut juga terdapat lintasan kereta, tidak hanya di dinding, di langit-langit, bahkan di lantai pun ada trek kereta.


Leave a respond

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Postingers, dengan menggunakan opsi Name/URL jika menginginkan backlink dari blog ini.